Tanya: Apakah Biaya Operasi Katarak Ditanggung BPJS kesehatan?

Operasi katarak ditanggung BPJS dengan Prosedur yang telah di tetapkan BPJS sebelumnya - Banyak orang yang telah mengetahui tentang BPJS kesehatan yang telah di keluarkan pemerintah. Salah satu program pemerintah yang di tujukan untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat Indonesia ini cukup berhasil. Banyak masyarakat yang sangat terbantu dengan adanya BPJS kesehatan. Berbagai penyakit dapat di bayar dengan menggunakan BPJS kesehatan. Mulai dari penyakit mata hingga penyakit jantung sekalipun. Namun yang perlu kamu ketahui bahwa belum semua orang mengerti tentang penggunaan, pembayaran, hingga jenis penyakit yang pengobatannya dapat di bayar dengan BPJS kesehatan. Hal ini karena masih banyak jenis penyakit yang tidak termasuk dalam daftar penyakit yang pengobatannya menggunakan BPJS. Salah satunya penyakit mata katarak. Sebagian besar orang bertanya apakah biaya operasi katarak ditanggung BPJS kesehatan?


Apakah Biaya Operasi Katarak Ditanggung BPJS Kesehatan?


Katarak salah satu penyakit yang sering di derita sebagian besar masyarakat Indonesia ini cukup membutuhkan penanganan yang serius. Selain itu biaya yang dibutuhkan untuk operasinya juga cukup besar. Sebagian besar masyarakat yang menderita katarak adalah masyarakat kalangan menengah ke bawah. Pastinya mereka tidak memiliki cukup uang untuk membayar operasi katarak. Tapi bagi kamu yang menderita katarak, jangan cemas. Karena operasi katarak juga ditanggung oleh BPJS. Tentunya sesuai dengan prosedur yang telah di tetapkan BPJS sebelumnya. Agar kamu terhindar dari penyakit katarak, kamu harus mengetahui beberapa tips berikut.

5 Tips Agar Terhindar Dari Katarak


Tahukah kamu bahwa katarak adalah salah satu penyakit yang tidak bisa di hindari karena proses penuaan. Tapi bukan berarti kamu tidak menjaga kesehatan mata kamu. Untuk itu perhatikan tips berikut agar mata kamu terhindar dari katarak.

1. Lindungi Mata Dari Sinar Matahari Langsung

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah melindungi mata kamu dari pancaran sinar matahari secara langsung. Sinar UVA dan UVB yang ada dalam sinar matahari akan mempercepat mata kamu untuk terkena katarak. Untuk itu jika kamu hendak keluar ruangan dengan cuaca yang sangat panas. Jangan lupa memakai kaca mata hitam atau topi yang bertepi lebar. Usaha pencegahan ini akan sangat membatu kamu untuk tidak terkena katarak lebih awal.

2. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Jika kamu merokok dan minum alkohol, kekebalan tubuh kamu semakin lama akan semakin berkurang. Rokok dan alkohol akan melepas radikal bebas kedalam tubuh. Akibatnya tubuh kamu akan sulit untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Dengan semakin banyak radikal bebas yang disebarkan ke dalam tubuh. Akan semakin banyak juga sel dalam tubuh yang rusak. Hal itu yang akan memicu terjadinya katarak dalam mata kamu.

3. Makanlah Sayuran Hijau

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sayuran hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau seperti bayam, kale, sawi telah terbukti dapat mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh. Tak terkecuali penyakit katarak. Antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu mata kamu agar terhindar dari penyakit katarak. Selain itu mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C dan E juga sangat membantu kamu dalam mencegah penyakit katarak.

4. Turunkan Berat Badan Kamu

Berat badan ideal menjadi salah satu kunci pokok kesehatan tubuh manusia. Jika kamu mengalami obesitas, tidak hanya berdampak pada jantung. Kamu juga akan memperbesar kemungkinan mata kamu terkena katarak. Dengan menderita obesitas, kamu pastinya juga akan terkena kencing manis. Dengan kencing manis itulah yang akan mempercepat kamu terkena penyakit katarak.

5. Periksa Mata Secara Teratur

Penyakit katarak umumnya menyerang orang pada usia 40 tahun atau lebih. Untuk itu jika kamu sudah berusia 40 tahun atau lebih. Kamu harus rutin memeriksakan mata kamu kepada dokter mata. Jangan cemas bagi kamu yang tidak punya biasa. BPJS kesehatan akan membantu kamu. Dalam panduan BPJS sudah dijelaskan terkait hal tersebut. Dengan panduan ini tidak akan muncul lagi pertanyaan apakah biaya operasi katarak ditanggung BPJS kesehatan?
Advertisement

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertisement