Advertisement

Tanya: Berapa Hari Proses Pembuatan Kartu BPJS Sampai Bisa Digunakan?

Advertisement
BPJS Kesehatan memang merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Program yang satu ini memang telah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Hanya saja, sampai sekarang ini masih ada masyarakat yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan. Mungkin ada berbagai faktor yang menjadi alasan mengapa sampai saat ini masih ada banyak masyarakat yang masih belum mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan. Masih ada banyak masyarakat yang belum memahami estimasi pembuatan kartu BPJS Kesehatan. Sebenarnya berapa hari proses pembuatan kartu BPJS sampai bisa digunakan? Inilah beberapa penjelasannya.

Estimasi Pembuatan Kartu BPJS Kesehatan


Fenomena menggunakan kartu BPJS Kesehatan memang sedang marak di kalangan masyarakat. Mungkin anda masih bertanya-tanya berapa hari proses pembuatan kartu BPJS sampai bisa digunakan? Anda bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan tersebut setelah 14 hari dari waktu pendaftaran. Peraturan mengenai estimasi penggunaan kartu BPJS Kesehatan tersebut sudah tertera di dalam peraturan Nomor 1 Tahun 2015 BPJS Kesehatan tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pembayaran Iuran Bagi Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja.

Di dalam peraturan tersebut telah dijelaskan bahwa waktu paling cepat untuk menggunakan adalah dua pekan dari hari pendaftaran. Hal ini untuk mengantisipasi perilaku masyarakat yang hanya mendaftar BPJS Kesehatan ketika sedang sakit mendesak saja. Di hari ke 14 setelah pendaftaran anda sudah bisa membayar angsuran BPJS Kesehatan dan juga bisa menggunakannya untuk rawat inap atau melakukan perawatan medis.


Proses Pembuatan Kartu BPJS


Sebenarnya, proses membuat kartu BPJS Kesehatan itu tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan bisa dikatakan waktunya sangat singkat dan persyaratannya juga mudah. Inilah beberapa proses pembuatan kartu BPJS yang perlu diketahui.


1. Mempersiapkan Dokumen Persyaratan


Sebelum anda mendaftarkan diri ke kantor BPJS Kesehatan, sebaiknya mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan terlebih dahulu. Beberapa berkas yang perlu anda persiapkan yaitu fotokopi KK, fotokopi KTP, pas foto ukuran 3x4, dan fotokopi buku tabungan.


2. Mengisi Formulir Pendaftaran


Setelah anda mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, selanjutnya mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran ini bisa anda dapatkan melalui kantor BPJS terdekat atau bisa juga diunduh secara online. Bukanlah cara ini sangat mudah? Akan tetapi, bagi anda yang ingin mendaftar BPJS menggunakan KTP luar daerah harus dilakukan secara offline yaitu dengan mengunjungi kantor BPJS terdekat.


3. Membayar Iuran Untuk Pertama Kalinya


Setelah mengisi formulir pendaftaran, anda akan mendapatkan kartu BPJS. Akan tetapi kartu tersebut masih belum bisa digunakan untuk melakukan pengobatan. Lalu, berapa hari proses pembuatan kartu BPJS sampai bisa digunakan? Selang 14 hari dari waktu anda melakukan registrasi, maka kartu BPJS tersebut siap anda gunakan. Di saat itu juga anda berkewajiban membayar iuran untuk pertama kalinya. Pembayaran iuran ini bisa anda lakukan melalui berbagai cara. Anda bisa membayar melalui ATM, bank, tunai dan sebagainya dengan menggunakan nomor virtual account yang didapatkan setelah melakukan pendaftaran. Nominal pembayaran iuran BPJS Kesehatan untuk masing-masing kelas tentu berbeda-beda. Mulai dari dua puluh lima ribu hingga delapan puluh lima ribu rupiah per bulannya.

4. Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan


Setelah anda mendapatkan kartu BPJS Kesehatan dan telah melakukan pembayaran iuran untuk pertama kali, maka kartu tersebut bisa langsung digunakan untuk melakukan perawatan medis. Perawatan medis dan pengobatan penyakit dengan menggunakan BPJS Kesehatan memang lebih mudah, simpledan terjangkau. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki ini untuk melakukan berbagai perawatan ataupun pengecekan kesehatan tubuh. Jadi, bisa dikatakan bahwa proses membuat kartu BPJS dari mulai pendaftaran hingga siap digunakan memang tidak terlalu lama.



Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI