Tanya: Apakah Operasi Bibir Sumbing Ditanggung BPJS Kesehatan?

Pastinya kamu sering mendengar istilah bibir sumbing. Bibir sumbing adalah kelainan yang di derita oleh bayi sejak dia lahir. Keadaan ini cukup memilukan bagi orang tua bayi. Karena bayi yang terlahir dengan bibir sumbing akan mengalami beberapa hambatan dalam hidupnya. Mereka juga akan mendapatkan tekanan dari lingkungan sekitarnya. Untuk melakukan operasi bibir sumbing juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun tidak semua orang tua mampu untuk membayar operasi bibir sumbing yang di derita anaknya. Mungkin kamu juga masih bingung untuk mencari biaya operasi anak kamu. Apakah operasi bibir sumbing ditanggung BPJS kesehatan?


Apakah Operasi Bibir Sumbing Ditanggung BPJS Kesehatan?


Salah satu program pemerintah yang di keluarkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat adalah BPJS kesehatan. Dengan adanya BPJS kesehatan ini sebagian besar orang akan terbantu untuk membayar tagihan rumah sakit mereka. Namun yang perlu kamu ketahui bahwa belum semua orang mengerti tentang penggunaan, pembayaran, hingga jenis penyakit yang pengobatannya dapat di bayar dengan BPJS kesehatan. Hal ini di karena masih banyak jenis penyakit yang tidak termasuk dalam daftar penyakit yang pengobatannya menggunakan BPJS. Salah satunya penyakit bibir sumbing. Sebagian orang bingung apakah operasi bibir sumbing ditanggung BPJS kesehatan? Menyikapi hal itu BPJS membuka layanan baru yang menanggung biaya operasi bibir sumbing. Namun hal ini tentunya sesuai dengan pedoman yang telah di buat sebelumnya. Meskipun begitu, sebagai orang tua akan lebih baik jika kamu melakukan pencegahan agar anak kamu terhindar dari bibir sumbing.

4 Tips Agar Terhindar Dari Bibir Sumbing

Terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar anak kamu terhindar dari kelainan bibir sumbing ini. Berikut tips agar anak kamu terhindar dari bibir sumbing.

1. Berhenti Menjadi Perokok

Salah satu hal yang harus kamu hindari saat hamil adalah merokok. Dengan kamu merokok akan membuat kesehatan janin kamu menjadi buruk. Zat beracun yang dihasilkan dari asap rokok yang kamu hisap nantinya akan berpengaruh terhadap kecacatan bayi kamu saat lahir. Bibir sumbing merupakan salah satu bentuk kecacatan yang akan di derita oleh bayi kamu jika kamu merokok saat hamil.

2. Hindari Paparan Rokok

Bagi kamu yang memiliki pasangan perokok. Sebaiknya kamu meminta pasangan kamu untuk berhenti merokok selama kamu hamil. Atau kamu bisa mengharuskan pasangan kamu untuk mandi, ganti pakaian, dan sikat gigi setelah merokok. Selain menjadi perokok aktif, bibir sumbing juga dapat di akibatkan karena kamu menjadi perokok pasif. Dengan menjadi perokok pasif, janin yang berada dalam kandungan kamu juga akan terganggu. Akibatnya saat lahir akan memperbesar kemungkinan bayi kamu menderita kelainan bibir sumbing.

3. Gunakan Obat Anti Kejang

Saat sedang hamil pastinya kamu sering menderita epilepsi. Untuk itu saat kamu mengalami epilepsi di sarankan untuk menggunakan obat anti kejang. Dengan menggabungkan beberapa zat anti convulsants akan mengurangi resiko kejang. Namun dalam mengkonsumsi obat- obatan semacam ini pastinya kamu harus menggunakan resep dokter. Jangan sampai niat awal kamu untuk melindungi janin kamu dari kelainan bibir sumbing malah merusak kesehatan janin kamu.

4. Cukupi Gizi Janin Kamu

Gizi seimbang merupakan salah satu tips terbaik yang dapat kamu lakukan. Selalu penuhi gizi yang seimbang pada janin kamu. Pastikan kamu selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai vitamin lainnya. Jika kamu melakukan hal ini kemungkinan bayi kemu menderita kelainan bibir sumbing akan sangat kecil.

Pastikan kamu melakukan tips yang telah di jelaskan di atas. Tips tersebut akan sangat membantu kamu untuk menjaga kesehatan bayi kamu hingga lahir. Jika bayi kamu terlanjur menderita bibir sumbing. Jangan cemas karena BPJS kesehatan akan membantu kamu. Dan kamu juga tidak perlu bingung lagi apakah biaya operasi bibir sumbing ditanggung BPJS kesehatan? Karena jawabannya pasti iya.
Advertisement

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertisement