Advertisement

Biaya Operasi Wasir Ambeien dengan BPJS

Advertisement
Apakah bisa melakukan operasi wasir ambeien menggunakan BPJS? Nah, kami yakin banyak dari anda yang sedang mencari informasi terkait hal tersebut. Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan bagikan ulasannya. Silahkan disimak. 

Operasi Wasir Ambeien Menggunakan BPJS


Tindakan operasi masih menjadi sesuatu hal yang menyeramkan bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, bukan hanya karena takut terjadi kegagalan ketika operasi, melainkan karena biaya yang dikeluarkan untuk operasi pun terbilang sangat besar. Sehingga banyak orang yang cenderung untuk menabung terlebih dahulu, dan rela menahan penyakit yang dideritanya, karena alasan biaya.

Salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia adalah penyakit wasir ambeien. Perlu diketahui. sejatinya penyakit ini menyebabkan gangguan infeksi di bagian anus, tepatnya pada bagian sistem pembuangan kotoran.

Ambeien sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh membengkaknya pembuluh darah yang terdapat pada area sekitar rectum, anus dan bokong. Efek yang disebabkan oleh penyakit ini adalah berupa pendarahan ketika hendak buang air besar (BAB).

Apabila masih dalam tahapan awal, jumlah darah yang keluar biasanya masih sedikit, namun apabila sudah semakin parah, maka akan mengeluarkan darah yang begitu banyak, yang pada akhirnya menyebabkan berbagai gangguan lain pada penderitanya.

Nah, pasien penderita wasir ambeien yang sudah parah inilah yang harus melakukan operasi. Dan kabar baiknya, operasi wasir ambeien termasuk ke dalam deretan operasi yang dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

Prosedur Untuk Melakukan Operasi Wasir Ambeien Dengan Memakai BPJS Kesehatan.


Supaya biaya operasi dapat ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan, maka anda disarankan untuk melakukan prosedurnya terlebih dahulu. Adapun prosedurnya tersebut adalah sebagai berikut.

  • Silahkan anda periksakan terlebih dahulu pada Faskes tingkat pertama. Sehingga anda mengetahui dengan pasti bagaimana keadaan penyakit wasir ambeien yang anda derita. Jangan lupa untuk membawa dan menunjukkan kartu BPJS Kesehatan. 
  • Jika memang menurut dokter penyakit wasir ambeien anda sudah tergolong parah, maka mintalah surat rujukan untuk segara dilakukan operasi. 
  • Setelah rujukan berhasil dibuat, maka pergilah ke rumah sakit yang ditunjuk oleh dokter. Jangan lupa juga membawa Kartu Tanda Pengenal (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) 

Berbagai Jenis Operasi Wasir Ambeien


Anda mungkin bertanya-tanya, apakah untuk menyembuhkan penyakit wasir ambeien harus selalu melalui jalan operasi?

Jawabannya adalah “tidak”, tindakan operasi biasanya hanya akan direkomendasikan oleh dokter apabila penderita ambeien sudah berada di grade 4 atau 3.

Lantas seperti apa ciri-ciri penderita ambeien yang sudah berada di grade 4 atau 3?

Pada penderita ambeien grade 3, benjolan yang ada disekitar anus biasanya hanya dapat masuk kembali, apabila didorong dengan menggunakan jari.

Sedangkan pada penderita ambeien grade 4, benjolan tersebut tidak bisa didorong kembali lagi ke dalam, sekalipun dibantu dengan dorongan jari. Dengan kata lain ambeien pada grade 4 ini bisa dikatakan sudah permanen.

Satu-satunya solusi untuk mengatasi benjolan tersebut adalah dengan melakukan operasi.

Bagaimana dengan penderita ambeien grade 1 dan 2?

Penderita ambeien grade 1 dan 2 tidak perlu melakukan operasi. Karena bukan termasuk ambeien yang tergolong parah sehingga masih bisa disembuhkan dengan obat yang bisa didapatkan dari Faskes 1.

Berikut adalah jenis-jenis operasi wasir ambeien yang harus anda ketahui.

  • Operasi Ambeien Konvensional 
Jenis operasi yang satu ini biasanya menggunakan pisau bedah yang digunakan untuk membuang jaringan yang membengkak.

Kekuarangan dari operasi ambeien konvensional adalah, akan ada rasa tidak nyaman ketika melakukan buang air besar (BAB). Disamping hal itu biasanya juga terjadi pengerutan saluran anus, sehingga menyebabkan intikontinesia cairan dan kotoran.

  • Operasi Wasir Ambeien Stapler 
Jika dibandingkan dengan operasi konvensional, operasi ambeien dengan menggunakan stapler ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya seperti operasi dapat berlangsung dengan cepat hanya memakan durasi antara 12 hingga 45 menit saja.

Pasien pun bisa mengalami pemulihan pada bagian yang sakit dengan cepat,. Tidak hanya itu operasi yang satu ini terbilang lebih higienis karena stapler pada dasarnya disposable alias sekali buang.

  • Diatermi Hemoroidektormy 
Operasi ini menggunakan alat diatermi. Diatermi merupakan tindakan pengangkatan ambeien dengan menggunakan suhu kurang lebih 150 derajat celcius. Jenis operasi ini akan mampu mengurangi rasa sakit pasca operasi.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai operasi wasir ambeien menggunakan BPJS, serta pembahasan terkait lainnya yang bisa anda jadikan referensi untuk mengenal lebih jauh tentang penyakit wasir/ambeien.

Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI