Ciri-Ciri Ambeien yang Sudah Sembuh



Sebagaimana yang kita tahu, ambeien adalah sebuah keluhan penyakit yang ditandai pembengkakan pembuluh darah di anus. Ambeien sendiri sebenarnya sering tidak membuat sakit namun akan menyakitkan apabila telah berbentuk gumpalan darah. Perlu diketahui, penyebab munculnya ambeien beraneka ragam, mulai dari faktor usia, karena terlalu sering membawa barang yang berat, duduk terlalu lama, atau karena terlalu kuat mengejan saat buang air besar.

Gejala, Wasir / Ambien 


Nah, berikut kami bagikan beberapa gejala wasir maupun ambien yang sebaiknya anda tahu:
  • Wasir/Ambien anda sangat nyeri
  • BAB anda berwarna hitam dan berbentuk seperti tar
  • BAB terdapat darah
  • Merasa pusing

Ada dua macam ambeien yang sebaiknya anda ketahui, yaitu ambeien eksternal dan ambeien internal.

Ambeien eksternal
Ambeien eksternal terjadi pada anus bagian luar, dan ambeien eksternal sendiri terbagi menjadi dua kategori. Yaitu kategori akut serta kronis.

Ambeien internal
Sedangkan ambeien internal terdapat didalam anus dan terbagi menjadi 1 hingga 4 grade. Pada kondisi grade 1-2 ambeien tidak perlu menjalani operasi namun masih bisa ditangani dengan pergi ke dokter atau rumah sakit. Sedangkan pada ambeien eksternal dan ambeien internal grade 3-4 harus menjalani operasi.

Ciri-Ciri Ambeien Sudah Sembuh

  • Hilangnya benjolan di bibir anus maupun di dalam anus
  • Pencernaan kembali dalam kondisi baik
  • Hilangnya rasa sakit saat buang air besar
  • Tidak ada rasa gatal dibagian anus
  • Tidak merasakan (berkurang) gejala ambeien
  • Feses tidak berlendir

Namun kira-kira berapa lama ambeien akan sembuh? Apabila ambeien masih berbentuk kecil, ambeien bisa saja sembuh dalam kurun waktu beberapa hari minggu. Dan pada kondisi tertentu, seringkali ambeien tidak dapat sembuh total namun hanya menhilangkan/mengurangi gejala-gejala yang dirasakan.

Pantangan Ambeien

Nah, setelah diatas kita mengetahui ciri-ciri ambeien yang sudah sembuh, maka selanjutnya penting untuk mengetahui apa saja pantangan bagi orang yang sedang ambeien. Langsung saja, segera disimak.

Makanan

Konsumsi makanan yang mengandung serat, supaya terhindar dari keluhan ambeien. Hindari mengkonsumsi makanan seperti daging olahan, produk olahan susu, roti putih, makanan olahan, karbohidrat olahan, fast food, makanan pedas, buah sitrus, serta hindari mengkonsumsi minuman beralkohol. Sebagai gantinya anda sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti kacang merah, alpukat, gandum utuh, oatmeal, brokoli, pisal, apel, dan buah pir.

Hindari Mengejan

Mengejan terlalu keras menjadi salah satu faktor yang bisa memicu terkena ambeien. Karena dengan mengejan maka akan terjdi banyak tekanan pada pembuluh darah di anus. Anda bisa mengkonsumsi makanan berserat agar lebih lancar saat buang air besar. Selain itu anda juga harus menghindari menunda-nunda, saat merasa ingin buang air besar karena hal tersebut justru bisa memicu dan memperparah ambeien. 

Jika ingin feses keluar dengan lancar, anda bisa mengkonsumsi yoghurt atau selai apel yang dicampur dengan satu sendok makan minyak mineral. Namun jangan konsumsi ini terus menerus karena tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Hindari terlalu lama jongkok atau duduk di toilet

Semakin lama anda duduk/jongkok di toilet, terlebih dengan membawa ponsel, buku, atau barang barang yang sekiranya membuat anda betah, maka hal tersebut sangat tidak baik, dan bisa memperparah terjadinya ambeien. Dengan duduk lama anda malah akan memberikan tekanan pada pembuluh darah, bahkan lebih parah apabila anda menggunakan toilet duduk. Jadi, hindari terlalu lama didalam toilet jika anda ingin segera sembuh dari ambeien.


Demikian diatas ulasan mengenai ciri-ciri ambeien yang sudah sembuh, serta hal-hal yang terkait dengan ambeien. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel