Prosedur BPJS untuk Operasi Wasir


BPJS merupakan layanan jaminan kesehatan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Dimana BPJS merupakan bentuk Badan Hukum Publik yang bertugas untuk melayani jaminan kesehatan nasional dengan tidak membeda-bedakan status sosial dan ekonomi.

Mulai dari masyarakat dengan berpenghasilan sedikit hingga para masyarakat menengah ke atas dapat membuat BPJS dengan perlakuan yang sama. Sekarang ini BPJS Kesehatan (dulunya Akses) dan BPJS ketenagakerjaan (dulunya Jamsostek) merupakan progam pemerintah yang membentuk satu kesatuan dengan nama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kedua program diatas sama-sama melayani dalam hal kesehatan para anggota BPJS. Untuk pendaftaran dapat dilakukan secara online atau dengan mengunjungi fasilitas kesehatan yang dapat membantu Anda mengurus pendaftaran BPJS.

BPJS dapat melayani klaim atas segala macam gangguan kesehatan yang Anda derita, operasi, bahkan semua indikasi mengenai medis. Akan tetapi, klaim atas biaya BPJS hanya dapat diterima bagi pengguna BPJS aktif (anggota BPJS yang tidak memiliki tunggakan atas iuran BPJS).

Sebagai anggota BPJS, memang setiap bulannya akan dikenai iuran atas keaggotaannya. Jumlah iuran yang dikenakan masing-masing anggota beragam, sesuai dengan hasil dari pendaftaran yang dilakukan.

Kategori Wasir dan Prosedur Klaim BPJS

Wasir merupakan penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan berisi pembuluh darah yang membesar dan berada di area sekitar bokong tepatnya dibagian rectum (dalam anus). Timbulnya wasir dalam anus biasanya terdapat gejala yang sering terjadi.

Gejala yang mungkin dialami oleh pasien antara lain adalah adanya pendarahan pada saat buang air besar yang berwarna merah terang. Setelah buang air besar biasanya ada lender yang keluar dan ada benjolan keluar anus, dimana benjolan ini harus di dorong masuk kedalam setelah buang air besar selesai. Terasa gatal, nyeri,bengkak, dan kemerahan di sekitar anus.

Pembengkakan yang terjadi di anus bisa terjadi di dalam dan di luar. Penyakit wasir dibagi menjadi beberapa grade untuk mengetahui tingkat pneyakitnya. Untuk wasir grade 1-2 biasanya cukup untuk dikasih obat dalam penyembuhannya. Akan tetapu untuk grade 3-4 membutuhkan penanganan yang serius yaitu dengan melakukan operasi.

Untuk penyakit wasir ini dapat di klaim dengan BPJS. Klaim yang dilakukan harus mematuhi peraturan yang diberikan oleh pihak BPJS. Yang pertama, yaitu menjadi anggota BPJS aktif, maksudnya tidak melakukan tunggakan atas iuran BPJS.

Yang kedua yaitu mendatangi faskes (fasilitas kesehatan) baik itu dokter keluarga, puskesmas, atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS utuk melakukan pemeriksaan atau pengobatan. Jika dalam masa pengobatan memerlukan rujukan ke rumah sakir, maka faskes akan memberi rujukan ke rumah sakit tujuan yang bekerja sama dengan BPJS juga.

Atau Anda bisa juga melakukan klaim atas wasir di rumah sakit langsung jika keadaan Anda memang benar-benar darurat. Pilihlah rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS dengan membawa KTP, KK dan karti BPJS.

Perlu diketahui, bahwa klaim yang dilakukan atas suatu penyakit tidak dapat dilakukan secara perorangan. Jadi perlu adanya fasilitas kesehatan dan atau rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS dalam peng-klaiman biaya berobat. Karena hanya dari kedua layanan kesehatan tersebut klaim atas pengobatan dapat diurus.

Pastikan Anda melakukan tindakan pencegahan untuk segala mecam penyakit daripada harus mengobatinya. Situs web yang dapat Anda kunjungi untuk menggali informasi lengkap mengenai BPJS adalah www.bpjs-kesehatan.go.id. Sekian informasi mengenai prosedur BPJS untuk operasi wasir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua. Sekian dan terimakasih.
Advertisement

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertisement