Advertisement

Tanya: Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan Selama 1 Tahun , Berapa yang harus dibayar?

Advertisement
Telat bayar Iuran BPJS kesehatan selamat 1 Tahun status kepesertaan di nonaktifkan - Seperti yang kita tahu bahwa BPJS merupakan badan yang mengurus segala masalah yang berkaitan dengan penyelenggaraan jaminan di bidang kesehatan di Indonesia. Badan hukum publik ini bertanggung jawab di bawah kepemimpinan Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan Nasional bagi masyarakat. Program ini ditujukan untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, para pensiun PNS, Veteran, dan lainnya. Peran BPJS Kesehatan sangat penting dalam mendukung program kesehatan yang dicanangkan pemerintah. Dalam melaksanakan kerjanya BPJS Kesehatan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, dahulu bernama JAMSOSTEK. BPJS Kesehatan mulai beroperasi dan bekerja pada tanggal 1 Januari 2014. Untuk BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Juli 2014. Banyak orang yang mengetahui program BPJS ini. Namun, tahukah anda telat bayar iuran BPJS Kesehatan selama 1 tahun, berapa yang harus dibayar? Bisa dipastikan jumlahnya tidak sedikit.

Jika Telat bayar Iuran BPJS kesehatan selamat 1 Tahun sudah di pastikan status kepesertaan di nonaktifkan dan tidak bisa menggunakan layanan bpjs jika sewaktu-waktu diperlukan kecuali telah melunasi tunggakan yang belum dibayar sekaligus denda nya.

Denda keterlambatan di hitung 2% per bulan dari total iuran yang tertunggak. Adapun sebagai contoh nya : Misalkan anda telah membayar selama 1 tahun ( 12 Bulan) maka dendanya akan di akumulatifkan. Kalau sebulan anda membayar iuran Rp 59.500 ditambah 2 persennya yaitu Rp 14280. Maka yang harus anda bayarkan yaitu : Rp728.280

Oleh karena itu ada baiknya anda mengetahui tips agar tidak telat membayar iuran BPJS Kesehatan.



Tips Agar Tidak Telat Membayar Iuran BPJS Kesehatan


Membayar Iuran BPJS Kesehatan adalah kewajiban bagi para anggotanya. Dengan membayar iuran BPJS Kesehatan tentunya kita dapat ikut serta membangun kesejahteraan Nasional. Sebagian dari kita banyak yang sering lupa membayar iuran tersebut, baik dalam jangka waktu yang relatif cepat maupun lama. Alhasil tagihan iuran BPJS jadi menunggak. Berikut adalah beberapa tips yang patut anda coba agar kita tidak telat membayar iuran BPJS Kesehatan.

1. Catat Tanggal Pembayaran Terakhir Dan Akan Datang


Mencatat tanggal pembayaran terakhir dan pembayaran yang akan datang, sangat penting untuk dilakukan sebagai seorang anggota BPJS Kesehatan. Dengan mencatat tanggal pembayaran terakhir dan akan datang, akan membuat kita tidak mudah lupa untuk membayar kewajiban kita tersebut. Karena kita tahu bahwa telat bayar iuran BPJS Kesehatan selama 1 tahun, berapa yang harus dibayar? Pastinya tidak sedikit seperti yang sudah disebutkan diatas. Untuk mengantisipasi hal itu terjadi, maka mencatat tanggal pembayaran terakhir dan akan datang pada iuran BPJS sangat disarankan.

2. Menempelkan Catatan Pembayaran Terakhir Dan Akan Datang Pada Beberapa Tempat


Hal ini juga penting untuk dilakukan sebagai antisipasi terjadinya keterlambatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan pada seseorang. Dengan cara menempelkan catatan pembayaran di beberapa tempat pada ruangan anda, setidaknya dapat mengurangi masalah keterlambatan tagihan iuran anda. Beberapa tempat yang dapat anda jadikan sebagai sarana menempelkan catatan tagihan tersebut adalah pintu kamar mandi, ruang belajar, dan kamar.

3. Memberikan Tanda Dan Catatan Kecil Pada Kalender Anda


Memberikan tanda dan catatan kecil pada kalender anda setidaknya dapat mengurangi masalah keterlambatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan anda. Dengan memberikan tanda seperti pada tanggal diberikan lingkaran, disilang, atau di warnai dan sebagainya. Setidaknya dapat membuat anda selalu melihat dan otomatis mengingatnya. Pemberian catatan kecil dibawahnya juga bermanfaat memberikan penjelasan pada kalender tersebut. Sehingga anda pun tidak akan pernah lupa membayar iuran BPJS Kesehatan tersebut.

4. Menyimpan Tanda Pembayaran Iuran Di Tempat Yang Mudah Ditemukan


Tampaknya menyimpan tanda pembayaran iuran di tempat yang mudah untuk ditemukan penting untuk anda lakukan. Karena dengan menyimpan bukti pembayaran ditempat yang mudah ditemukan akan memuat anda mudah untuk mencarinya sewaktu-waktu diperlukan.

5. Membuat Catatan Kecil Di Buku Catatan Khusus


Dengan membuat catatan kecil di buku khusus seperti buku diary dan sebagainya. Akan membuat anda mudah mengetahui kapan tanggal pembayaran terakhir dan yang akan datang pada tagihan iuran anda. Cara ini juga dapat mengurangi keterlambatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan anda.


Itulah beberapa tips agar tidak telat membayar iuran BPJS Kesehatan yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan.

Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI