Berapa Lama Penyembuhan Pasca Operasi Wasir? Ini Dia Jawabannya!

Hemoroid atau yang lebih dikenal dengan nama wasir oleh orang Indonesia merupakan pembengkakan pembuluh darah vena di bagian sekitar anus, tepat di bawah selaput perbatasan antara rektum dengan anus. Beberapa gejala dari wasir ini, antara lain mengalami pendarahan setelah buang air besar, terdapat benjolan yang bergantung di luar anus, terjadi pembengkakan disertai rasa nyeri dan gatal di sekitar anus, dan ada lender setelah buang air besar. Salah satu pengobatan wasir adalah dengan operasi, namun pertanyaannya, berapa lama penyembuhan pasca operasi wasir? 


Penderita wasir terkadang memerlukan perawatan yang lebih intensif, bergantung pada letak hemoroid, di atas, di bawah, atau tepat pada garis dentate. Garis dentate sendiri merupakan garis pembatas yang ada di dinding anus. Garis tersebut memisahkan bagian yang mampu merasakan sakit dan yang tidak bisa. Bila wasir tumbuh di bagian ini, maka penanganan tanpa operasi akan terasa sangat sakit. Maka penanganan operasi sangat disarankan.

Sebelum diputuskan untuk operasi, sebenarnya ada beberapa pengobatan wasir non-operasi yang bisa dilakukan, antara lain dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, memakai krim kortikosteroid, obat pencahar, melakukan pengikatan hemoroid, suntikan skleroterapi, dan mengkoagulasi wasir tersebut dengan inframerah.

Jika cara-cara non-operasi tersebut tidak berhasil, maka opsi terakhir adalah dengan operasi. Operasi untuk wasir ini juga tidak hanya satu jenis, melainkan ada beberapa jenis, yakni hemoroidektomi (operasi pengangkatan wasir), ligasi arteri hemoroid (operasi mengurangi aliran darah ke hemoroid), dan stapled hemorrhoidopexy (operasi untuk mengangkat wasir yang menggantung di luar anus).

Meski operasi memiliki kelebihan karena memungkinkan resiko kembalinya wasir lebih kecil dibandingkan metode non-operasi, operasi juga memiliki resiko, antara lain sulit mengontrol buang air besar, berdarah saat buang air besar, infeksi, retensi urin, dan penyempitan lubang anus. Lalu berapa lama penyembuhan pasca operasi wasir?

Rasa nyeri di anus dan sulit buang air besar pasca operasi biasanya akan membaik dalam waktu 2 sampai dengan 3 minggu pasca operasi dengan pemberian obat pereda rasa nyeri. Tetapi jika nyeri yang dirasakan cukup hebat, maka penyembuhannya bisa sampai membutuhkan waktu selama 1 hingga 2 bulan.

Obat rasa nyeri yang bisa diberikan pasca operasi adalah paracetamol. Biasanya juga dokter akan memberikan antibiotik dan antinyeri untuk mempercepat penyembuhan. Bukan hanya itu, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat untuk mencegah sembelit, dan menghindari pekerjaan berat.

Selama dalam masa penyembuhan, Anda juga harus melakukan check up ke dokter secara rutin sebagai evaluasi dari pemulihan Anda dan mencegah dari terjadinya komplikasi pasca operasi.

Sekian ulasan mengenai berapa lama penyembuhan pasca operasi wasir, cukup panjang ya, tetapi semoga cukup membantu Anda. Sekian, semoga bermanfaat.

Advertisement

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertisement