Advertisement

Inilah Rincian Biaya Melahirkan Normal di Bidan

Advertisement

Saat usia kehamilan sampai pada bulan ke 9 tentunya sudah harus mempersiapkan segala sesuatu dimana akan menjalani persalinan. Salah satunya biaya untuk persalinan. Biaya berapapun akan dikeluarkan demi keselamatan bunda dan buah hatinya. Setiap orang berbeda-beda, ada yang menginginkan proses persalinan di rumah sakit dan ada pula yang menginginkan cukup di bidan terdekat saja. Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah seimbang antara biaya melahirkan normal di bidan dengan biaya melahirkan di rumah sakit.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya melahirkan di rumah sakit sangat berbeda dengan biaya melahirkan di bidan. Hal ini wajib Anda ketahui jauh-jauh hari sebelum melahirkan. Agar bisa mempersiapkan kelahiran buah hati dengan matang. Berikut adalah biaya-biaya persalinan normal di bidan.

Biaya Rata-Rata


Beruntunglah bagi Anda yang memiliki asuransi, melahirkan di bidan dengan dibantu asuransi tidak begitu banyak mengeluarkan biaya. Mungkin kisaran di bawah 1 juta saja. Disamping dapat meminimalisir pembiayaan memiliki jaminan kesehatan juga bisa memilih fakses yang diinginkan.

Biaya persalinan normal dibidan akan ditanggung secara keseluruhan oleh ibu hamil apabila tidak memiliki jaminan kesehatan. Umumnya biaya yang ditawarkan sudah sepaket dengan jasa pembuatan akte dan kartu keluarga, suntik imunisasi hepatitis. Terkadang juga masih ada bonus lainnya, seperti infus gratis saat proses melahirkan.

Pentingnya Asuransi


Dengan adanya asuransi maka ibu hamil tidak akan mengeluarkan biaya banyak untuk proses persalinan. Seperti halnya biaya operasi, obat-obatan dan sebagainya, tergantung pada cakupan asuransi yang Anda miliki serta lamanya saat berada di rumah sakit.

Apabila Anda sebagai peserta BPJS, segera datang langsung ke bidan ketika sudah ada tanda-tanda akan melahirkan. Atau bisa datang langsung ke fakses 1 yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Namun apabila kondisi tidak memungkinkan misalnya dalam keadaan darurat ketuban sudah pecah dan keadaan serius lainnya. Langsung saja pergi ke rumah sakit yang melayani BPJS Kesehatan. Ibu hamil yang memiliki kartu BPJS aktif bisa melahirkan secara gratis. Karena biaya persalinan sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Rencana Pembayaran


Apabila asuransi yang Anda miliki hanya mencakup kelahiran di rumah sakit saja, kemungkinan besar biaya biaya obat-obatan akan diminta di awal sebelum tanggal jatuh tempo. Saat ini sudah banyak rumah sakit yang akan memeriksa pertanggungan wanita hamil serta memberikan rencana pembayaran menjelang proses persalinan. 

Berhati-Hatilah Dalam Memilih Bidan


Hal yang lebih penting untuk dipertimbangkan menjelang persalinan selain biaya adalah skill yang dimiliki bidan itu sendiri. Tidak sedikit bidan yang belum benar-benar mengerti cara-cara melahirkan. Terkadang asal-asalan praktek saja. Oleh karena itu, untuk menjaga keselamatan bunda dan buah hati pilihlah bidan andalan Anda. Agar persalinan dapat dibantu dengan maksimal.

Itulah gambaran mengenai biaya melahirkan normal di bidan yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari menjelang waktu persalinan yang telah diperkirakan. Pastikan semuanya sudah dipersiapkan dengan matang, jangan sampai teledor.

Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI