Tanya: Berapa Biaya Operasi Katarak dengan BPJS?

Dari beberapa penyakit mata, katarak menjadi salah satunya. Katarak biasanya menimpa orang yang sudah lanjut usia. Penyakit katarak berupa bagian keruh pada lensa mata dan akan mengakibatkan mengaburnya penglihatan. Bahkan jika terlalu tebal, katarak bisa berpotensi menyebabkan kebutaan total. Katarak memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun tetap harus ditangani. 

Di Indonesia sendiri, terdapat lebih dari 210 ribu katarak per tahunnya. Angka yang cukup tinggi untuk sebuah penyakit. Katarak bisa ditangani dengan operasi yang ditanggung BPJS. Namun sebenarnya berapa biaya operasi katarak dengan BPJS?


Untuk gejalanya, biasanya penderita katarak akan memiliki penglihatan yang buram, kehilangan ketajaman penglihatan, dan kehilangan sensitivitas kontras warna. Ini membuat warna bayangan dan visi menjadi kurang jelas, karena cahaya yang tersebar di mata terhalang oleh katarak.

Agar mengetahui hilang atau tidaknya sensitivitas kontras pada mata, tentu harus dilakukan serangkaian tes. Jika memang sensitivitas itu berkurang, maka sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.

Katarak sendiri bisa timbul karena berbagai sebab, seperti kontak langsung dengan cahaya UV dan radiasi dalam waktu yang lama. Bisa juga disebabkan karena efek sekunder dari diabetes dan hipertensi, usia yang sudah lanjut, cedera mata, atau trauma fisik. Selain itu, faktor genetik juga dapat menjadi penyebab katarak kongenital.

Pengobatan katarak yang belum parah bisa dengan bantuan kacamata dan pencahayaan yang lebih terang. Meski begitu, katarak bisa semakin parah dan pada akhirnya dibutuhkan operasi yang sampai saat ini masih menjadi satu-satunya cara yang paling efektif.

Lensa yang keruh akan diambil lalu ditransformasi dengan lensa sintetis yang bening. Pembiusan dilakukan dengan pembiusan lokal di sekitar mata. Efek penyembuhan dari operasi sendiri sangat signifikan, terutama bagi penderita yang kataraknya sudah sampai menghambat kegiatannya sehari-hari.

Terkait biaya, sebenarnya besaran biaya operasi katarak bergantung pada jenis lensa yang dipilih. Beberapa jenis lensa buatan yang digunakan, antara lain IOL monofokus asferik, IOL monofokus toric, dan multifokus. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang menangani sebelum memilih jenis lensa yang akan Anda gunakan.

Selain lensa, faktor lain yang turut menentukan biaya operasi katarak adalah teknik operasi dari dokter yang bersangkutan. Teknik fakoemulsifikasi, misalnya, membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan teknik manual atau ekstrakapsular. Jadi jika Anda ingin meminimalisasi biaya operasi katarak, maka sebaiknya Anda tidak memilih menggunakan teknik fakoemulsifikasi.

Anda yang menderita katarak namun tidak memiliki cukup biaya, tidak perlu khawatir mengenai karena kini biaya operasi katarak ditanggung sepenuhnya oleh BPJS, dengan catatan Anda mengikuti seluruh prosedur yang telah ditetapkan oleh BPJS. Jadi tunggu apa lagi, segera buat kartu BPJS Anda ya!

Advertisement

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertisement