Advertisement

Operasi Ambeien Ditanggung BPJS

Advertisement
Bisakah Operasi Ambeien Ditanggung BPJS? 

Ambeien yang memiliki nama beken wasir merupakan penyakit pembengkakan pembuluh darah vena di bagian sekitar anus, yakni tepat di bawah selaput perbatasan antara rektum dengan anus. Seperti penyakit lainnya, penyakit ini juga memiliki gejala, yakni terdapat benjolan yang bergantung di luar anus, mengalami pendarahan setelah buang air besar, terjadi pembengkakan disertai rasa nyeri dan gatal di sekitar anus, dan ada lendir setelah buang air besar.

Ambeien dapat diobati, salah satunya dengan operasi. Mendengar kata operasi, tentu yang terbayang adalah biaya tidak sedikit yang harus dikeluarkan. Namun apakah biaya operasi ambeien bisa ditanggung BPJS?


Bagi penderitanya, terkadang dibutuhkan perawatan yang intensif, bergantung pada letak hemoroid, di atas, di bawah, atau tepat pada garis dentate. Bila ambeien tumbuh di bagian ini, penanganan tanpa operasi akan terasa sangat sakit. Oleh karena itu, tumbuhnya ambeien di garis dentate mau tidak mau membuat penderitanya harus dioperasi.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengobati ambeien yang bisa dilakukan tanpa operasi, tentu yang paling utama dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Bisa juga dengan memakai krim kortikosteroid, obat pencahar, melakukan pengikatan hemoroid, suntikan skleroterapi, dan mengkoagulasi wasir tersebut dengan inframerah.

Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, maka opsi terakhir adalah dengan operasi. Tindakan operasi sendiri disarankan bila ambeien sudah mencapai grade 3 atau 4. Pada grade 3, benjolan ambeien yang keluar dari anus hanya bisa masuk kembali jika dibantu oleh dorongan jari. Namun pada grade 4, benjolan tersebut tidak bisa lagi masuk ke dalam meski sudah dibantu oleh jari.

Operasi untuk wasir ini juga tidak hanya satu jenis, melainkan ada beberapa jenis, yakni operasi ambeien konvensional, hemoroidektomi (operasi pengangkatan wasir), ligasi arteri hemoroid (operasi mengurangi aliran darah ke hemoroid), dan stapled hemorrhoidopexy (operasi untuk mengangkat wasir yang menggantung di luar anus).

Pada operasi konvensional, dilakukan dengan menggunakan pisau bedah untuk membuang jaringan yang membengkak. Kekurangan dari operasi ini, yaitu menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air besar.

Operasi hemeoroidektomy menggunakan alat diatermi yang mampu mengangkat ambeien dengan suhu yang sangat tinggi, sekitar 150 derajat celcius.

Sedangkan stapled hemorrhoidopexy menggunakan alat khusus yang disebut stapler. Operasi yang dilangsungkan membutuhkan waktu cepat, sekitar 12-45 menit, dan umumnya pemulihan pasien juga bisa lebih cepat.

Untuuk pembiayaan operasinya, tergantung pada jenis rumah sakit yang dipilih, jenis operasi yang diminta, dan kelasnya. Namun jika Anda tidak memiliki biaya cukup banyak untuk melakukan operasi, BPJS bisa menanggung pembiayaan operasi wasir Anda. Hanya saja, untuk memperoleh itu, Anda harus mengikuti alur dan prosedur yang telah ditetapkan oleh BPJS. Maka dari itu, segera buat kartu BPJS Kesehatan Anda ya!

Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI