Advertisement

Tanya: Apakah Kantor BPJS Buka Pada Hari Sabtu dan Minggu?

Advertisement

Apakah kantor BPJS buka pada hari sabtu dan minggu? Pertanyaan seperti itu pastinya sering anda dengar atau bahkan mungkin anda sendiri yang sedang mempertanyakannya. Hal itu tidaklah aneh, karena di tengah-tengah kesibukan anda kadang anda hanya memiliki waktu saat weekend untuk mengurus sesuatu.

Nah, pada pembahasan kali ini kami akan membahas hal tersebut. Terkait kapan saja waktu pelayanan yang diberikan oleh kantor BPJS, serta tips dalam menghadapi waktu kerja kantor BPJS. Disimak ya.

Waktu Kerja Kantor BPJS

1. Jam Kerja Kantor BPJS

Jam kerja kantor BPJS hampir sama seperti kantor-kantor kebanyakan yaitu buka dari jam 8 pagi dan tutup jam 5 sore. Akan tetapi, kadang pendaftaran untuk mengurus pembuatan BPJS sering kali ditutup jam 3 sore. Hal ini disebabkan, karena banyaknya calon pendaftar baru setiap hari, sehingga kadang para petugas pun kewalahan dan membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk memproses semuanya.

2. Hari Kerja Kantor BPJS

Karena BPJS bekerja di bawah naungan pemerintah, maka hari kerjanya pun sama seperti kantor-kantor pemerintah yaitu dari hari senin sampai jum’at. Dengan begitu, sabtu dan minggu kantor BPJS pun tutup. Oleh sebab itu, tak jarang juga para pekerja yang memiliki hari kerja sama dengan kantor BPJS jadi kebingungan jika ingin mengurus BPJS.

Tips Menyikapi Waktu Kerja Kantor BPJS untuk Anda yang Sibuk

1. Datanglah Lebih Awal

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, hari dan jam kerja kantor BPJS tidak terlalu fleksibel untuk anda yang sangat sibuk. Karena itu, jika anda mempunyai kesempatan untuk bisa mengurus BPJS dengan datang langsung ke kantornya. Sebaiknya anda datang sejak pagi agar tidak memiliki nomer antrian yang panjang.

Karena tidak sedikit pula orang yang datang dari pagi-pagi buta hanya untuk mendapatkan nomer antrian. Sehingga, bukan sesuatu yang tidak mungkin jika anda datang pagi tapi tetap saja mendapatkan nomer antrian yang sudah panjang.

2. Persiapkan Berkas Dengan Lengkap

Karena anda adalah orang yang sibuk, sebaiknya anda mengecek kelengkapan berkas sebelum dibawa ke kantor BPJS. Jangan sampai setelah anda sampai di sana, anda justru tidak memiliki berkas yang diminta. Sehingga anda diminta untuk mengambil berkasnya terlebih dahulu, atau parahnya jika anda kehabisan waktu anda harus menyelesaikannya lagi besok. Sedangkan belum tentu besok anda memiliki waktu.

Nah, untuk itu sebaiknya selalu periksa kelengkapan berkas anda. Dan juga, persiapkan copy-an untuk setiap berkasnya. Jangan lupa juga untuk menaruh semua berkas itu dalam satu tas agar mudah dibawa dan dicari saat dibutuhkan.

3. Membuat Surat Kuasa

Buat anda yang benar-benar sibuk dan tidak memiliki waktu sama sekali alias genting. BPJS memberi sedikit keringan dengan menginjinkan anda mengirim satu orang yang anda percaya untuk mengurus BPJS anda. Tapi anda harus memberikan surat kuasa yang legal juga. Serta orang tersebut harus membawa Kartu Keluarga anda dan kelengkapan berkas yang lainnya.

4. Daftar Online

Jika anda masih mencari-cari waktu yang tepat untuk datang ke kantor BPJS maka anda bisa mendaftar terlebih dahulu dengan cara online. Tentunya hal ini tidak akan menyulitkan anda. Anda cukup mengikuti semua prosedurnya yang tersedia di dalam web. Nah, jika sudah memiliki waktu yang tepat baru anda bisa datang langsung ke kantor BPJS sambil membawa berkasnya.

Itu dia tips yang bisa kami berikan. Tidak begitu sulit kan? Anda bisa memilih salah satunya untuk mempermudah urusan anda di kantor BPJS. Silahkan dicoba

Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI