Advertisement

Tanya: Bagaimana Jika Kartu BPJS Hilang ?

Advertisement

Perlu diketahui, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang populer dengan sebutan BPJS adalah suatu lembaga kemasyarakatan milik pemerintah yang bekerja dalam industri kesehatan. Jadi, untuk anda masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya kesehatan, idealnya memang mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan. Dan nantinya, setelah anda selesai mengikuti proses pendaftaran, anda akan diberikan kartu BPJS.

Nah, kartu itulah yang nantinya harus anda gunakan setiap datang ke fasilitas kesehatan pertama yang tertulis di kartunya. Sehingga kartu ini wajib anda jaga.

Tapi, bagaimana jika karena suatu hal, kartu tersebut sampai hilang? Tenang, anda bisa mengikuti petunjuk dibawah ini.

Panduan Mengurus Kartus BPJS Yang Hilang



1. Periksa Kelengkapan Berkas
Sama halnya dengan anda saat membuat BPJS, tentunya untuk mengurus kartu BPJS yang hilang anda harus melengkapi berkas-berkas anda. Untungnya berkas yang harus dibawa pun tidak sulit, sehingga tidak memberatkan anda. Nah, data-data yang harus anda bawa antara lain adalah KTP, Kartu Keluarga dan Surat pernyataan hilang kartu BPJS dari kantor polsek.

2. Datang Ke Kantor BPJS
Setelah anda menyiapkan semua berkas, tentunya anda harus datang ke kantor BPJS. Pastinya di sana akan diminta untuk mengisi form kepentingan apa yang akan diurus. Untuk menghindari kesalah pahaman atau ketidak tahuan, sebaiknya anda bertanya lebih dahulu ke bagian informasi agar lebih jelas semuanya. Setelah itu baru lah anda mengisi formulir dan menyerahkan data-datanya.

Perlu anda ketahui juga kartu BPJS biasanya akan jadi paling cepat selama 1 hari. Jadi anda bisa mengambilnya lagi keesokan harinya.

Tips Mengurus Kartu BPJS Yang Hilang

1. Datang Sendiri Ke Kantor BPJS
Tips pertama yang kami berikan pada anda untuk mengurus kartu BPJS yang hilang adalah anda harus datang sendiri ke kantor BPJS. Namun bukan berarti anda tidak boleh mengajak teman. Datang sendiri di sini berarti anda mengurus semuanya sendiri. Karena saat ini proses pengurusan BPJS Kesehatan memang diwajibkan untuk diurus sendiri. Jika orang yang bersangkutan memang tidak dalam kondisi yang sangat genting, maka tidak bisa diwakili.

Peraturan ini sengaja dibuat untuk menghindari adanya calo pembuatan BPJS. Selain itu juga agar tidak terjadi penipuan-penipuan yang dimanfaatkan oleh sejumlah pihak dalam hal pembuatan BPJS.

2. Fotocopy Berkas
Sebelum anda datang ke kantor BPJS, sebaiknya sempatkan diri anda untuk mengcopy semua berkas yang anda miliki sebanyak mungkin. Tapi tidak sampai 1 berkas dicopy hingga 100 lembar ya. Anda bisa mengcopy masing-masing 10 lembar untuk setiap berkas yang ada.

Dengan seperti ini anda tidak perlu bulak balik lagi keluar hanya untuk memfotocopy berkas karena tidak siap saat diminta. Selain itu anda jadi bisa mempersingkat waktu dan tidak kelelahan saat mengurusnya.

3. Datang Dari Pagi
Karena setiap hari ada banyak orang yang ingin mengurus BPJS, sebaiknya anda datang lebih awal. Bahkan tidak sedikit pula yang sudah datang sebelum kantor BPJS dibuka. Jika anda ingin prosesnya lebih cepat, datang lah di pagi hari. Selain untuk menghindari antrian yang sangat panjang, tenaga anda juga lebih banyak di pagi hari untuk mengurus pembuatan kartu BPJS yang baru.

4. Bawa Berkas Lainnya
Ini termasuk dalam tips yang sangat penting dan perlu anda ingat. Karena terkadang petugas tidak hanya meminta data-data yang memang disyaratkan. Untuk benar-benar mengecek keaslian data, kadang petugas akan meminta data tambahan untuk dicek. Sehingga anda harus sudah siap saat diminta.


Nah, demikian diatas penjelasan kami terkait pengurusan kartu BPJS yang hilang. Semoga informasi ini berguna untuk anda yang ingin mengurus kartu BPJS anda yang hilang.

Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI