Tanya: Bagaimana Jika Kartu BPJS Rusak?


Terkadang barang kesayangan yang sudah dijaga dengan sangat baik pun masih bisa rusak karena kondisi-kondisi tertentu. Apalagi hanya sebuah kartu BPJS yang bentuknya kecil dan tidak terlalu kuat. Tentunya wajar bila ada kemungkinan kartu menjadi rusak.

Lantas, bagaimana jika kartu BPJS anda rusak? Kira-kira apakah masih bisa dipergunakan?

Solusi Jika Kartu BPJS Rusak

Kategori suatu barang rusak ada banyak, bisa jadi rusak ringan atau rusak parah. Nah untuk rusak ringan, bisa seperti kartu tergores atau beberapa tulisannya mulai pudar. Bisa juga seperti bagian-bagian pinggirnya yang terkelupas. Dalam hal ini, kerusakan seperti ini masih bisa diterima oleh faskes BPJS selama barcode dan nomer kartu masih terbaca. Sehingga anda tidak perlu mengganti kartu anda dengan yang baru.

Namun untuk kerusakan yang sangat parah seperti kartu patah sehingga sebagian datanya ada yang tidak terbaca. Faskes pun tidak bisa menerima saat anda ingin menggunakannya. Maka, sebaiknya anda segera mengurus untuk minta dicetakkan kartu yang baru.

Cara Mengganti Kartu BPJS Rusak dengan yang Baru

1. Langsung Datang Ke Kantor BPJS
Tentu saja anda harus datang ke kantor BPJS tempat di mana anda membuat kartu BPJS tersebut. Karena ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kartu yang baru. Di sana lah kartu anda akan dicetak ulang.

2. Bawa Kartu Yang Rusak
Jangan lupa untuk membawa kartu BPJS anda yang rusak dan E-KTP anda. Sebab saat anda mengajukan pencetakan ulang, petugas akan mengecek kecocokan data antara nomer BPJS anda dengan Nomer Identitas KTP anda. Jika benar, barulah kartu anda akan dicetak. Nah, mengganti kartu BPJS yang rusak memang tidak seribet waktu mengurus kartu BPJS yang hilang.

Tips Merawat Kartu BPJS Agar Tidak Mudah Rusak

1. Simpan Di Tempat Aman
Simpan lah kartu BPJS anda di tempat yang aman. Sebaiknya hindari tempat yang panas, kotor atau lengket agar kondisi kartu anda tetap bagus dan tidak mengalami kecacatan. Apalagi jika terkena panas, kartu seperti ini pun mudah sekali meleleh. Sehingga, pemilihan tempat yang aman sangat tepat untuk menghindari data yang tidak terbaca akibat kartu yang meleleh.

2. Jauhkan Dari Anak-anak
Terkadang anak-anak tidak mengerti fungsi dari kartu-kartu yang anda miliki. Karena merka hanya berpikir untuk memainkannya. Untuk itu sebaiknya jauhkan kartu BPJS anda dari anak-anak. Hal ini untuk menghindari agar anak-anak tidak merusaknya ketika dipakai untuk bermain.

3. Pilih Dompet Yang Sesuai
Nah, pemilihan dompet yang tepat pun sangat berpengaruh dalam menjaga kondisi kartu BPJS anda. Sebab jika dompet anda terlalu kecil pun, maka kartu pun akan sulit dimasukan. Bila anda tetap memaksa, maka kemungkinan sisi terluar kartu BPJS anda akan mudah rusak.

4. Jangan Letakan Di Saku Belakang Celana
Bagi anda yang menyimpan kartu BPJS anda di dalam dompet, sebaiknya hindari untuk menaruh dompet anda di saku belakang celana anda. Sebab hal ini bisa menyebabkan kartu BPJS anda melengkung atau parahnya bisa sampai patah. Hal ini karena kartu di dalam dompet akan menahan beban berat anda selama duduk. Selain itu menaruh dompet di saku celana belakang tidaklah aman.

5. Lapisi Dengan Plastik Mika
Melapisi kartu anda dengan plastik mika membantu untuk menjaga kartu anda dari gesekan-gesekan saat di dalam dompet. Jika anda melapisinya dengan mika, maka kemungkinan kartu anda bisa dalam kondisi yang baik sepanjang waktu.

Nah, itu dia datas pembahasan terkait solusi jika kartu BPJS anda rusak. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Advertisement