Cara Merubah Data BPJS Kesehatan Online


Pastinya saat ini semua masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan BPJS. Ya, badan yang memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat umum ini sudah berkembang pesat saat ini, selalu terdepan dalam memberikan manfaat terutama untuk mereka yang membutuhkan pelayanan kesehatan. BPJS memberikan keringanan tidak hanya untuk orang-orang menengah kebawah saja, namun untuk para masyarakat yang bersedia mendaftar, dan membayar iuran rutin perbulannya.

Kemudahan demi kemudahan bisa didapat masyarakat di layanan BPJS ini, tidak terkecuali bagi yang akan mengubah data BPJS - nya. Biasanya ada beberapa alasan yang mengharuskan mereka yang mengubah data BPJS-nya. Dan pengubahan data tersebut memiliki cara yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis masalah yang terjadi.

Selain itu, BPJS menyediakan layanan pengubahan data via online, sehingga sangat memudahkan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk datang langsung ke kantor BPJS.

Nah, untuk anda yang sedang mencari informasi cara merubah data BPJS kesehatan online, berikut kami bagikan ulasannya. Silahkan disimak.

Panduan Merubah Data BPJS Kesehatan Online

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi bernama Mobile JKN di Playstore Android Anda. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengetikan keyword atau kata kunci Mobile JKN, lalu akan muncul aplikasi tersebut dan unduhlah.

Nah, dalam aplikasi ini terdapt beberapa fitur yang dapat digunakan antara lain adalah sebagai berikut:
  • Info BPJS. Fitur ini menyediakan informasi mengenai BPJS Kesehatan 
  • Peserta. Fitur ini digunakan untuk mencari data peserta melalui NIK, KK atau nomor kartu. 
  • Lokasi. Menu ini menampilkan denah lokasi mengenai fasilitas kesehatan berdasarkan cabang dan tempat terdekat. 
  • Tagihan. Jika anda ingin melihat informasi tagihan, maka Anda bisa menggunkan fitur ini. 
  • Cek VA. Saat Anda ingin mencari nomor virtual atau Virtual Account, Anda bisa melakukannya berdasarkan NIK. 

Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi Mobile JKN dan menginstalnya di Android Anda, selanjutnya adalah menuju ke dalam menu Login. Saat login, Anda akan diminta mengisi beberapa data seperti nomer kartu BPJS/email/username lalu masukkan password yang sudah Anda miliki.

Nah, jika Anda sudah berhasil masuk ke dalam aplikasi tersebut, Anda akan melihat beberapa fitur diantaranya adalah Peserta, Tagihan, Pelayanan, Umum, Ubah Data Peserta, Kartu Peserta dan Pendaftaran Peserta.

Lalu, silahkan pilih menu ubah data peserta jika Anda akan mengubah data Anda. Ubah data yang Anda rubah lalu simpan kembali.


Bagaimana? Simple bukan? Cara mengubah data kartu BPJS online? Selain sangat mudah dilakukan, hal ini sangat efektif bagi Anda terutama pekerja yang tidak memiliki waktu luang.

Faktor Penyebab Pengubahan Data BPJS


Adapun penyebab Anda harus mengubah data BPJS adalah karena berbagai hal. Anda pun bisa mengubahnya dengan menyiapkan beberapa persyaratan sesuai dengan penyebabnya.

• Kartu BPJS yang Anda miliki hilang
Nah saat Anda kehilangan kartu BPJS, Anda harus segera mengubah data Anda agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, Anda juga harus mendapatkan kartu yang baru dengan cara membuat surat kehilangan yang bermaterai dan melengkapi identitas Anda yang baru.

• Pindah Fasilitas Kesehatan/Dokter keluarga atau Dokter Gigi Ketika Anda mengalami masalah tersebut, Anda juga harus mengubah data terutama pada keterangan Faskes yang baru. Untuk hal ini, pengguna BPJS hanya diperbolehkan menggantinya satu kali, sehingga Anda harus benar-benar mempertimbangkan benar-benar Faskes Anda.

• Pindah tempat tinggal
Pengubahan data juga terjadi jika Anda pindah tempat tinggal. Hal ini penting untuk mengetahui perubahan Faskes terdekat yang akan Anda dapatkan.

• Tempat Bekerja Anda pindah
Terkadang seorang pegawai bisa berpindah kerja atau mutasi ke suatu tempat. Nah, karena sebab pekerjaan ini juga Anda perlu mengubah data Anda terutama dalam indentitas pekerjaan dengan menunjukan SK mutasi atau surat keterangan pindah kerja.

• Perubahan golongan Kepangkatan
Sama halnya dengan perpindahan kerja, Anda harus mengubah data Anda ketika golongan kepangkatan Anda berubah. Sebagai buktinya, Anda harus menunjukan surat keterangan tentang kenaikan golongan.

• Perubahan susunan Keluarga atau status keluarga Perubahan susunan keluarga mungkin saja terjadi dalam keluarga Anda, untuk itu Anda harus mengurus data BPJS kembali ketika mengalami perubahan status. Perubahan status bisa terjadi karena pernikahan dan pergantian status anak. Nah, syarat yang harus Anda penuhi untuk mengubah data dalam BPJS Anda adalah surat nikah, pas foto suami istri berukuran 3x4 dan fotokopi akta kelahiran anak.

Selain itu, jika terjadi pergantian status anak, maka Anda harus menggunakan akta kelahiran anak, kartu keluarga dan daftar gaji yang telah dilegalisir.

• Pengurangan Peserta
Selain perubahan status, dalam sebuah keluarga juga mungkin akan terjadi pengurangan anggota seperti dikarenakan meninggal dunia dan perceraian. Anda juga tidak perlu khawatir, karena ketika Anda sudah mengubah data atau memperbaruinya, maka Anda bisa menggunakan kartu BPJS Anda lagi sesuai dengan fungsinya.

Adapun syarat yang harus Anda penuhi saat mengalami pengurangan keluarga adalah menyerahkan fotokopi surat kematian dan penyerahan kartu BPJS yang bersangkutan kepada petugas BPJS. Sedangkan, untuk pengurangan peserta yang disebabkan oleh perceraian, Anda bisa menyerahkan surat cerai dari pengadilan dan kartu peserta suami atau istri

Semua pengubahan data pada kartu BPJS diatas penting dilakukan saat Anda mengalami salah satu masalah tersebut. Dengan begitu Anda bisa menggunakan kembali kartu BPJS Anda dan memudahkan layanan BPJS.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel