Advertisement

Cek Iuran Pembayaran & Nomor Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

Advertisement

Pelayanan BPJS kesehatan saat ini semakin berkembang, bahkan versi online pun mulai digalakkan agar lebih efektif dan meningkatkan kemudahan pengguna BPJS. Dan tentu saja, beragam kemudahan yang diberikan oleh BPJS tersebut sangat membantu terutama bagi Anda yang sangat sibuk dengan pekerjaan Anda sehingga tidak sempat mengurus administrasi BPJS secara langsung.

Cek Iuran dan Nomor Anggota BPJS Via Online

Selain pengecekan iuran pembayaran BPJS dan nomor keanggotaan dapat dilakukan melalui SMS Gateaway, Anda juga bisa mengeceknya melalui online. Nah, berikut ini adalah cara mudah pengecekan iuran pembayaran BPJS dan nomor anggota via online.
  • Anda bisa mengecek iuran pembayaran atau tagihan melalui situs bpjs-kesehatan.go.id. Pada halaman atau web tersebut, Anda akan menemui beberapa menu atau pilihan. 
  • Langkah kedua, silahkan masuk ke menu Cek Iuran Peserta dan mengisi data yang diminta. 
  • Data yang diminta agar anda bisa login adalah nomor kartu BPJS yang bisa dilihat pada kartu keanggotaan yang Anda miliki dan tangal lahir Anda dengan format yang disediakan yaitu dd/mm/yyyy. 
  • Selanjutnya adalah, Anda akan diminta untuk memvalidasi data dengan format yang tersedia di kotak berwarna ungu. 
  • Nah, setelah mengisikan semua data yang diminta, Anda harus mengeklik tombol cek dan informasi tagihan BPJS dan informasi iuran pembayaran BPJS Anda akan ditampilkan secara lengkap. 

Nah, untuk mengecek nomor keanggotaan BPJS juga dapat dilakukan sekaligus saat mengecek iuran pembayaran anggota. Dengan langkah sama seperti dengan di atas tadi, Nomor keanggotaan Anda juga dapat dilihat melalui menu Nomor Peserta yang tersedia pada web.

Cek Iuran dan Nomor Anggota BPJS Via SMS Gateway


Selain cara diatas, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek iuran pembayaran BPJS dan nomor keanggotaan Anda yaitu menggunakan SMS Gateway. Nah, berikut ini adalah cara singkat untuk mengecek pembayaran BPJS melalui SMS.
  • Anda bisa mengirimkan SMS ke nomor 09777-5500-400 dengan format yang ditentukan sesuai dengan infromasi yang akan Anda dapatkan. 
  • Nah, untuk mengetahui iuran pembayaran BPJS, Anda hanya perlu mengirimkan format sebagai berikut. 
Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  • Sedangkan format untuk mengecek nomor keanggotaan BPJS, Anda hanya perlu mengirimkan SMS dengan format sebagai berikut. 
NIK <spasi> Nomor KTP atau Nomor Identitas Kependudukan
Atau
NOKA <spasi> Nomor kartu BPJS Kesehatan 

Atau menggunakan nomor Induk Pegawai atau NIP bagi pegawai Negeri Sipil, caranya yaitu dengan mengirimkan format sebagai berikut.

NIP <spasi> Nomor Induk Pegawai 

Cek Iuran pembayaran BPJS Via ATM


Jika Anda memiliki ATM Bank yang berkerjasama dengan BPJS seperti BRI, BNI dan Mandiri, Anda juga bisa lo mengecek iuran pembayaran BPJS Anda melalui mesin ATM.

Meskipun, pengecekan melalui ATM kurang efektif karena Anda harus datang langsung ke mesin ATM, namun tidak ada salahnya ketika sedang melakukan transaksi di ATM Anda bisa sekaligus melakukan pengecekan.

Cara mengecek pembayaran di ATM bisa dilakukan dengan mengikuti instruksi atau pilihan-pilihan menu yang tersedia pada layar ATM Anda.

Demikianlah informasi penting mengenai pengecekan iuran pembayaran BPJS serta nomor anggota BPJS yang harus Anda perhatikan. Cukup praktis bukan? Anda bisa melakukan pengecekan melalui ponsel android Anda dengan membuka Web maupun menggunakan SMS gateway. Jika Anda mengalami beberapa kesulitan Anda bisa menghubungi petugas BPJS yang bersangkutan.

Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI