Paling Lambat Tanggal 10 Batas Waktu Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan


BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung pada presiden dan tugasnya adalah untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dulu namanya Jamsostek) merupakan program pemerintah yang berada dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Nah, anda sebagai warga negara Republik Indonesia, diwajibkan untuk mendaftar menjadi peserta BPJS dan memiliki kartunhya. Saat ini hampir seluruh perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan untuk orang atau keluarga yang tidak bekerja dalam perusahaan, tentunya harus melakukan pendaftaran sendiri.

Nantinya, setiap anggota BPJS tersebut harus membayar tagihan sesuai tingkat kelas yang dipilih. Namun bagi warga miskin, iuran atau tagihannya akan ditanggung oleh pemerintah.

Tanggal Pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan


Nah, siapa yang masih bingung atau malah belum tahu kapan sih batas waktu pembayaran tagihan BPJS Kesehatan? Tanggal terakhir atau batas pembayaran tagihan BPJS Kesehatan adalah tanggal 10 setiap bulannya. Kalau anda terlambat lebih dari sebulan terhitung sejak tanggal 10 maka anda akan dikenakan sanksi berupa pemberhentian sementara jaminan kesehatan yang merupakan hak anda. Tapi tenang saja, kartu anda masih aktif kok. Hanya jaminan kesehatannya saja yang diberhentikan sementara waktu sampai anda membayar tagihan-tagihan yang menunggak.

Nah, kalau gak bayar lebih dari sebulan gimana? Misalnya sudah nunggak setahun atau dua tahun? Pemerintah Indonesia memberi keringanan kepada para peserta BPJS yang menunggak setahun lebih itu, jadi gak usah takut kemahalan. Anda hanya harus membayar tagihan untuk 12 bulan + 1 bulan. Misalnya anda sudah menunggak selama dua tahun dengan anggota keluarga sebanyak 4 orang. Tagihannya sebesar Rp. 50.000. Jadi anda cukup membayar tagihannya seperti ini: 4 orang x 13 x 50.000 = 2.600.000

Kalau gak mau membayar mahal, sebaiknya anda melunasi tagihan setiap bulannya. Sekarang sudah tahu kan, kapan tanggal pembayaran tagihan BPJS Kesehatan? Paling lambat tanggal 10 setiap bulannya, ya.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Online


Biar gak ribet dan gak kelupaan, sebaiknya anda mengecek tagihan secara berkala atau setiap akhir bulan. Sekarang untuk cek tagihan BPJS bisa dilakukan online atau praktisnya lewat HP lho. Berlaku untuk android user dan IOS user. Selain itu, gak hanya mengecek tagihan pembayaran aja. Anda bisa mengetahui apakah anda aktif atau tidak jadi peserta BPJS. Misalnya, kalau baru daftar dan belum bayar, nanti akan muncul keterangan status penangguhan pembayaran. Sedangkan jika sudah bayar dan sudah melunasi tagihan setiap bulan, maka status anda akan aktif. Pokoknya aplikasi resmi BPJS ini sangat membantu masyarakat dan mempermudah proses pembayaran.

Berikut adalah cara cek iuran tagihan BPJS Kesehatan Online.
  1. Install dulu aplikasi resmi BPJS Kesehatan. Jika anda pengguna android, bisa install dari Google Play Store dan jika anda pengguna iphone, bisa install dari App Store. 
  2. Silakan lakukan pendaftaran menggunakan alamat email aktif.
  3. Setelah berhasil mendaftar, anda bisa log in dan membuka aplikasinya. 
  4. Pilih menu Tagihan
  5. Setelah itu akan muncul jumlah tagihan dari semua peserta yang tergabung (keluarga) dan total yang harus dibayarkan. 

Cukup mudah kan? Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai kapan tanggal pembayaran tagihan BPJS Kesehatan dan cara mengecek tagihan melalui smartphone anda. Semoga artikel diatas dapat berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel