Advertisement

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat

Advertisement
Mengetahui bagaimana cara memandikan bayi yang baru saja lahir serta melakukan perawatan tali pusat yang baik dan benar, tidak hanya menjadi tugas perawat di sebuah klinik. Cara ini juga perlu diketahui oleh para wanita yang nantinya jadi calon ibu yang akan melahirkan bayi yang imut dan lucu.



Atau apakah mungkin anda saat ini adalah seorang wanita yang baru saja menjadi ibu dan baru saja dikaruniai momongan yang menggemaskan ? Jika ya, silahkan baca postingan ini hingga selesai, agar anda dapat mengetahui panduan memandikan bayi baru lahir serta perawatan tali pusat yang benar dan aman.

Jika ini merupakan pengalaman pertama anda, maka agar proses memandikan bayi baru anda dapat dilakukan dengan cara tepat berlangsung tanpa kendala, maka anda perlu mengetahui beberapa tahapan penting berikut.

Sebelum memulai memandikan bayi baru lahir sehat dengan bobot minimal 2 s.d 3 Kg : (Tahap Persiapan)
  • Persiapkan bak mandi. Gunakan bak mandi khusus bayi yang sudah memenuhi ukuran standar dan aman.

  • Persiapkan sampo dan sabun mandi khusus bayi, waslap, dan mangkuk atau wadah berisi air hangat.

  • Jerang air / atau siapkan air panas yang nantinya akan dituangkan ke dalam bak mandi bayi dan dicampur dengan air dingin.

  • Tuang air panas ke dalam bak mandi bayi, lalu selanjutnya campur air panas tersebut dengan air dingin hingga mencapai ketinggan 10 cm, dan menjadi hangat kukuh, atau memenuhi standar 32 derajat celcius.

  • Bentangkan handuk di atas kasur dan pastikan sudah dilapis dengan perlak.

  • Siapkan pakaian yang akan dikenakan bayi setelah mandi, seperti bedong, gurita, baju, popok, dan pampers.

  • Siapkan perlengkapan perawatan bayi setelah mandi seperti hair lotion, minyak telon, bedak dan sisir.

  • Persiapkan diri anda dengan meminta bantuan pendampingan Suami, atau Nenek si bayi.
Memulai proses untuk memandikan bayi baru lahir sehat bobot 2 s.d 3 Kg : ( Tahap akan Memulai)
  • Letakan perlahan bayi di atas handuk yang sudah dibentangkan di atas kasur.

  • Lepas perlahan semua pakaian yang dikenakan oleh si bayi.

  • Bayi biasanya menangis, tapi tetap usahakan tenang dan tidak panik. Gunakan waslap atau sarung tangan lalu celupkan waslap kedalam air hangat kukuh.

  • Tuang sampo yang biasanya sekaligus sebagai sabun untuk mandi bayi ke waslap atau sarung tangan.

  • Angkat bayi dengan hati-hati dan perlahan lalu usap bayi dengan waslap atau sarung tangan yang sudah dibubuhi sampo dan sabun mandi bayi.

  • Pengusapan dimulai dari bagian seluruh kepala, leher, seluruh badan bagian depan, lalu dilanjutkan mengusap tubuh bagian belakang bayi.

  • Gendong bayi kesayangan anda dengan penuh hati-hati dan penuh percaya diri dan kasih sayang, jangan lupa juga diringi dengan berdoa menuju bak mandi di dalam kamar mandi yang sudah disiapkan sebelumnya.
Tahapan dan proses selama memandikan bayi baru lahir dengan bobot normal : 
  • Lepaskan waslap atau sarung tangan anda

  • Gendong bayi yang sudah diusap dengan sampo dan sabun mandi tersebut dengan benar dan hati-hati menuju bak mandi bayi.

  • Pastikan bayi terlentang dan berada dalam posisi yang benar-benar nyaman di tangan kiri anda, lalu mulai memandikan bayi dengan menyibakan air dibagian bawah leher hingga ke lipatan ketiak secara berulang, minimal 2 kali.

  • Lanjutkan mengeramasi rambut bayi dengan lembut dengan cara mengusap bagian kepala depan hingga ke arah belakang. Lakukan minimal 7 kali atau hingga rambut benar-benar bersih dari sampo atau sabun mandi.

  • Lalu bilas muka bayi perlahan dengan cara mengusap sebanyak dua hingga tiga kali saja.

  • Lalu telungkupkan bayi dengan bantuan tangan kiri dan tangan kanan menyangga bagian dada depan bayi dengan semua jemari tangan kanan anda menggenggam lengan dan ketiak bayi.

  • Mandikan bayi dengan cara menyibakan air ke seluruh punuk hingga bagian punggung, cukup lakukan 2 hingga tiga kali bilasan saja, dan lebih fokus pada bagian rambut bagian dan leher bagian belakang.

  • Angkat bayi dalam keadaan terlungkup, lalu letakan bayi pada posisi terlentang di handuk yang sudah dibentangkan di atas kasur.

  • Keringkan bayi yang baru saja selesai mandi, dengan handuk.
6 tahap akhir setelah selesai memandikan bayi :
  1. Usap tali pusat dengan perlahan dengan dilanjutkan mengusap bagian perut sekitar tali pusat secara memutar dengan kasa steril.

  2. Bungkus tali pusat dengan kasa sterill.

  3. Beri tubuh bayi minyak penghangat, seperti minyak telon.

  4. Pasang pampers (Bisa dilanjutkan dengan memasang gurita + popok).

  5. Kenakan baju bayi.

  6. Lalu diakhiri dengan membedong bayi.
Nah, agar proses pemandian bayi baru lahir dan perawatan tali pusat berjalan lancar dan aman, berikut kami sajikan juga video YouTube yang menampilkan praktek memandikan bayi langsung yang dilakukan oleh salah satu perawat di salah satu klinik.

Sumber video : YouTube (Chanel Sri Dama)
4 cara perawatan tali pusat bayi baru lahir yang benar dan aman yang dapat dilakukan oleh Ibu di rumah:
  1. Dibersihkan dengan kasa kering steril yang dibasahi oleh alkohol atau air matang yang bersih, dimulai dari bagian pangkal tali pust sampai ke bagian ujung. Kemudian setelah itu dikeringkan lalu tali pusat di balut dengan menggunakan kain kasa kering.

  2. Jangan membersihkan tali pusat dengan salep, obat merah atau jenis obat apapun tanpa anjuran dari dokter.

  3. Usahakan popok atau celana bayi tidak mengenai daerah tali pusat agar tidak terjadi iritasi.

  4. Jangan menutup tali pusat dengan gurita bayi atau plester yang hanya dapat menimbulkan iritasi.
    Usahakan selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan pada tali pusat bayi Anda.
Merawat bayi memang bukan pekerjaan mudah. Namun, jika anda benar-benar memahami bagaiamana cara memandikan bayi baru lahir dan perawatan tali pusat yang sudah dijelaskan di atas, maka tubuh bayi anda benar-benar terjaga dengan baik dan sehat dan pastinya tidak rentan terhadap penyakit.

Advertisement

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI